Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 Sd
Minggu, 25 Februari 2018
Edit
 Silabus Bahasa Indonesia 
Kelas 5 Semester 1
SDN Cipamokolan 3 Bandung
SILABUS
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi narasumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
1. Mendengarkan Menanggapi klarifikasi nara sumber petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.  | o   Siswa sanggup mendengarkan penjelasan. o   Siswa sanggup menanggapi pernyataan. o   Siswa sanggup menanggapi klarifikasi nara sumber. o   Siswa sanggup menuliskan hal-hal penting dari klarifikasi nara sumber. o   o        Siswa sanggup menceriterakan kembali klarifikasi nara sumber.  | Teks klarifikasi nara sumber  | o   Mendengarkan penjelasan. o   Menananggapi pernyataan. o   Menanggapi. klarifikasi nara sumber. o   Menuliskan hal-hal penting dari klarifikasi nara sumber. o   menceriterakan klarifikasi nara sumber.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Kaset/CD/TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3. Penerbit Erlangga  | Lisan. Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan, fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
2.          Berbicara Menanggapi suatu dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pikiran, kata dan santun berbahasa  | §     Siswa sanggup memperagakan teks percakapan. §     Siswa sanggup menjawab pertanyaan dari isi percakapan. §     Siswa sanggup mencatat pokok-pokok dilema dalam percakapan. §     Siswa sanggup menunjukkan saran dan pendapat terhadap dilema dengan bahasa yang benar.  | Teks percakapan  | §     Memperagakan percakapan. §     Menjawab pertanyaan menurut teks percakapan. §     Mencatat pokok-pokok dilema dalam percakapan. §     Memberikan balasan berupa pendapat,saran atau bantalan an terhadap suatu persoalan.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 3 – 6.  |   Lisan Tertulis    Penugasan  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi. 
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
3.Membaca Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.  | §    Siswa sanggup membaca teks percakapan dengan lancer. §    Siswa sanggup menjawab pertanyaan dengan tepat. §    Siswa sanggup melengkapai percakapan dengan kalimat yang tepat.  | Teks    percakapan  | §    Membaca teks percakapan dengan lancar dan jelas. §    Menjawab pertanyaan menurut teks percakapan. §    Melengkapi percakapan yamg belum selesai dengan kalimat yang runtun.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Bacaan percakapan Buku   | Lisan.  Tertulis Tugas  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan dialok tertulis.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
4.Menulis §        surat permintaan (ulang tahun,acara agama,kegiatan sekolah) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan  §        menggunakan kata depan : pada,sejak dan selama.  | §     Siswa sanggup mengenal surat undangan. §     Siswa sanggup melengkapi surat permintaan menurut klarifikasi . §     Siswa sanggup menulis surat permintaan dengan benar. §     Siswa sanggup memakai kata depan : pasa,sejak,selama dengan benar. §     Sisswa sanggup melengkapi kalimat dengan kata depan. §     Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan kata depan.  | Surat permintaan ulang tahun  | §     Mengenal surat permintaan ulang tahun  §     Melengkapi surat permintaan menurut penjelasan. §     Menulis surat permintaan dengan benar. §     Memahami bentuk kata depan pada sejak,selama. §     Melengkapi kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama. §     Membuat kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama dengan benar.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 7-8  | Lisan Tertulis Penugasan  | 
Pelajaran 2
SILABUS
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / 1
Standar Kompetensi           :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
1. Mendengarkan Mengidentifikasi unsur dongeng rakyat yang didengar  | §    Siswa sanggup mendengarkan dongeng rakyat. §    Siswa sanggup mencatat nama-nama tokoh dalam cerita §    Siswa sanggup menjelaskan sifat tokoh dengan tepat. §    o        Siswa sanggup menunjukkan balasan mengenai isi dongeng rakyat yang didengar.  | Cerita Rakyat  | §    Mendengarkan dongeng rakyat. §    Mendaftar nama-nama tokoh dongeng yang didengar. §    Mencatat latar dan alamat dongeng rakyat yang didengar. §    Memberikan balasan mengenai isi dongeng rakyat yang didengar.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | §    Kurikulum 2006 KTSP. §    Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 18-19. §    Kaset/CD berisi dongeng rakyat  | Lisan. Tertulis Tugas  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
2.  Berbicara menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar.  | §    Siswa sanggup menetukan hal-hal yang diamati dalam gambar. §    Siswa sanggup menceritakan isi gambar menurut hal-hal yang telah ditentukan. §    Siswa sanggup menceritakan isi gambar secara lisan.  | Gambar ilustrasi  | §   Menentukan hal-hal yang diamati menurut gambar ilustrasi. §    Menceritakan isi gambar menurut hal-hal yang telah ditentukan. §    Menceritakan isi gambar secara lisan.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 19–21  | Lisan         Tertulis         Penugasan  | 
Pelajaran 3
SILABUS
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
1. Membaca Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat..  | §    Siswa sanggup membaca puisi dengan ekspresi yang tepat. §    Siswa sanggup membacakan puisi dengan penghayatan yang benar. §    Siswa sanggup menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi dengan tepat.  | Teks   puisi  | §    Memahami membaca puisi dengan ekpresi yang tepat. §    Membacakan puisi dengan penghayatan yang tepat. §    Menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Bacaan percakapan   |         Lisan.         Tertulis         Tugas  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran, perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
2. Menulis §        Menulis karangan menurut pengamatan dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan  ejaan.  §        Memehami kalimat yang mengungkapkan harapan.  | §    Siswa sanggup menuliskan karangan menurut gambar seri. §    Siswa sanggup mengurutkan gambar seri yang benar. §    Siswa sanggup menulis dongeng yang utuh dan padu. §    Siswa sanggup mengungkapkan kalimat harapan. §    Siswa sanggup menentukan kalimat harapan.  | Gambar Seri  | §    Memahami penulisan karangan menurut gambar seri.  §    Mengurutkan gambar seri dengan benar. §    Menulis dongeng yang utuh dan padu menurut gambar seri. §    Memahami kalimat yang mengungkap harapan. §    Menentukan kalimat yang mengungkapkan harapan. §    Membuat kalimat yang mengungkapkan harapan.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  |  Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 23-26.    |         Lisan         Tertulis         Penugasan  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
3. mendenga rkan Menanggapi klarifikasi nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.  | §    Siswa sanggup mendengarkan klarifikasi nara sumber yang benar. §    Siswa sanggup melengkapi pernyataan menurut klarifikasi nara sumber yang didengar. §    Siswa sanggup menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar. §    Siswa sanggup melengkapi klarifikasi dari nara sumberr.  | Teks klarifikasi nasa sumber  | §    Mendengarkan klarifikasi nara sumber. §    Melengkapi pernyataan menurut nara sumber yang didengar. §    Menentukan atau memilihhal penting dari klarifikasi nara sumber yang didengar. §    Menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar. §    Menanggapi klarifikasi dari nara sumber.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  |   Kurikulum 2006 KTSP.    Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 35-35  |  Lisan. Tertulis Tugas  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan,  menceriterakan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
4. Berbicara Menang gapi suatu dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.  | §    Siswa sanggup memperagakan percakapan di depan kelas dengan benar. §    Siswa sanggup menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks percakapan. §    Siswa sanggup menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar. §    Siswa sanggup menanggapi dilema dengan menunjukkan pendapat dan saran menurut gambar.  | Teks percakapan dan gambar  | §    Memperagakan percakapan di depan kelas. §    Menjelaskan masalah atau kejadian yang terdapat dalam teks percakapan. §    Menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 35-38  |  Lisan Tertulis         Penugasan  | 
Pelajaran 4
SILABUS
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
1. Membaca Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata permenit.  | §    Siswa sanggup membaca teks bacaan dengan cepatt. §    Siswa sanggup menjawab pertanyaan dengan benar. §    Siswa sanggup melengkapi kalimat suatu teks bacaan. §    Siswa sanggup menciptakan kesimpulan menurut teks bacaan yang dibaca.  | Teks   bacaan  | §    Membaca teks bacaan dengan cepat. §    Menjawab pertanyaan. §    Melengkapi kalimat suatu teks bacaan. §    Membuat kesimpulan menurut teks bacaan yang dibaca.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 39-40  |         Lisan.         Tertulis         Tugas         Portofolio  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran, perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  |  Pelaian  | 
2. Menulis §   Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan  ejaan.  §   Memahami penggunaan awalan ber-.  | §    Siswa sanggup mengurutkan gambar dengan benar. §    Siswa sanggup menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar. §    Siswa sanggup mengembangkanpokok pikiran dalam gambarmenjadi sebuah cerita. §    Siswa sanggup memahami arti awalan ber-. §    Siswa sanggup menciptakan kalimat yang berawalan ber-.  | Gambar Seri  | §    Mengurutkan gambar seri dengan benar dan runtut.  §    Menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar seri. §    Mengembangkan hal yang diamati menjadi sebuah karangan atau cerita. §    Memahami arti awalan ber-. §    Membuat kalimat dengan memakai kata yang berawalan ber-.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  |         Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 41-43.    | Lisan         Tertulis         Penugasan         Portofolio  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
3. Mendengarkan Mengidentifikasi unsure dongeng ihwal dongeng rakyat yang didengarnya..  | §    Siswa sanggup mendengarkan pembacaan cerita. §    Siswa sanggup melengkapi pernyataan menurut dongeng rakyat. §    Siswa sanggup menentukan tkoh dan sifat tokoh dari dongeng yang didengar. §    Siswa sanggup menjelaskan latar dan alamat dongeng rakyat yang didengar.  | Teks dongeng rakyat  | §    Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. §    Melengkapi pernyataan menurut dongeng rakyat. §    Menentukan tkoh dan sifat tokoh dari dongeng rakyat yang didengar. §    Menentukan latar dan amanat dongeng yang didengar.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  |         Kurikulum 2006 KTSP.         Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 50-51  CD  | Lisan.         Tertulis         Tugas         Portofolio  | 
Mata Pelajaran                          :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                                  :  5 / 1
Standar Kompetensi                 :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterakan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
4.  Berbicara Berwawan cara sederhana dengan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.  | §    Siswa sanggup memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.. §    Siswa sanggup menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara. §    Siswa sanggup melaksanakan wawancara dengan nara sumber. §    Siswa sanggup memakai kata Tanya dengan tepat. §    Siswa sanggup menciptakan kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat.   | Teks wawancara  | §    Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara. §    Menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara.. §    Melakukan wawancara dengan nara sumber. §    Menggunakan kata Tanya dengan sempurna dalam kalimat.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 51-54  | Lisan         Tertulis         Penugasan         Portofolio  | 
Pelajaran 4
SILABUS
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
1. Membaca Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yangtepat.  | §    Siswa sanggup membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas. §    Siswa sanggup mencatata hal-hal pkok dalam percakapan. §    Siswa sanggup menuliskan isi kesimpulan percakapan.  | Teks   Percakapan  | §    Membaca teks percakapan secara berpasangan. §    Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan. §    Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 55  |         Lisan.         Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
2. Menulis Menulis surat indangan ( ulang tahun,acara keagamaan,kegiatan sekolah,kenaikan kelas dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan ejaan..   | §    Siswa sanggup membaca surat eksklusif secara cermat. §    Siswa sanggup menentukan cirri-ciri surat pribadi. §    Siswa sanggup melengkapi surat eksklusif yang belum lengkap. §    Siswa sanggup menulis surat pribadi.  | Surat pribadi  | §    Membaca surat eksklusif dengan cermat.  §    Menentukan cirri-ciri surat pribadi. §    Melengkapi surat eksklusif yang belum lengkap. §    Menulis surat eksklusif dengan memperhatikan ejaan yang tepat.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  |         Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 56-58.    |         Tertulis         Portofolio  | 
Pelajaran 5
SILABUS
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
1. Mendengarkan Menanggapi klarifikasi nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.  | §  Siswa sanggup mendengarkan nara sumber. §    Siswa sanggup hal-hal pentingdari klarifikasi yang didengarkan. §    Siswa sanggup mengajukan pertanyaan menurut penjelasan. §    Siswa sanggup menanggapi isi penjelasan.  | Teks klarifikasi nara sumber  | §    Mendengarkan klarifikasi nara sumber. §    Mencatat hal-hal yang penting dari klarifikasi nara sumber. §    Mengajukan pertanyaan menurut penjelasan.         Menanggapi isi penjelasan.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  |         Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 64-65         CD/kaset  |         Lisan.         Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
2.Berbicara Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.  | §    Siswa sanggup memperagakan wawancara dengan benar. §    Siswa sanggup mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara. §    Siswa sanggup menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara. §    Siswa sanggup wawancara dengan nara sumber. §    Siswa sanggup melaporkan hasil wawancara dengan baik.  | Teks wawancara  | §    memperagakan wawancara. §    Mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara. §    Menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara. §    Melakukan wawancara dengan nara sumber. §    Melaporkan hasil wawancara yang telah dilakukan.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 65-68  | Lisan         Tertulis         Penugasan         Portofolio  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
3.Membaca Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.  | §    Siswa sanggup menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi. §    Siswa sanggup membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. §    Siswa sanggup mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.  | Teks   Puisi  | §    Menentukan jeda,penggalan dalam puisi. §    Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. §    Mencari puisi yang bertemakan Pahlawan  dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 67-68  |         Lisan.         Tertulis         Penugasan  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
4. Menulis §  Menulis obrolan sederhana antara dua,tiga tokoh serta memperhatikan isi serta perannya.  §  Menggunakan tanda titik dua ( : ) dalam kalimat.  | §    Siswa sanggup memahami obrolan atau percakapan dengan benar. §    Siswa sanggup melengkapi obrolan yang belum selesai. §    Siswa sanggup menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan. §    Siswa sanggup memperagakan dialg di depan kelas. §    Siswa sanggup memahami penggunaan tanda baca titik dua ( : ). §    Siswa sanggup memakai tanda titik dua ( : ).  | Teks dialog  | §    Memahami obrolan atau percakapan.  §    Melengkapi obrolan yang belum selesai. §    Menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan. §    Memperagakan obrolan di depan kelas. §    Memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) §    Menggunakan tanda titik dua ( : ).  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  |         Kurikulum 2006 KTSP.         Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 69-72.    |         Tertulis         Portofolio         Lisan         Tugas  | 
Pelajaran 6
SILABUS
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
1. Mendengarkan Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.  | §    Siswa sanggup memahami alur dongeng dalam dongeng rakyat. §    Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat yang dibacakan guru. §    Siswa sanggup menjawab pertanyaan secara lisan. §    Siswa sanggup mengisi table alur dongeng secara kelompok. §    Siswa sanggup menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri  | Teks Cerita Rakyat  | §    Memahami unsure alur dalam dongeng rakyat. §    Mendengarkan dongeng rakyat yang dibacakan guru. §    Menjawab pertanyaan secara lisan. §    Mengisi table alur dongeng rakyat secara kelompok. §    Menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  |         Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 84-85         CD/kaset  | Lisan. Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
2.Berbicara Menceriterakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar .  | §    Siswa sanggup memahami laporan hasil kunjungan. §    Siswa sanggup menciptakan laporan hasil kunjungan dengan benar. §    Siswa sanggup memberikan hasil laporan dengan benar. §    Siswa sanggup menanggapi isi laporan kunjungan.  | Teks Laporan Hasil Kunjungan  | §    Memahami laporan hasil kunjungan. §    Membuat laporan hasil kunjungan. §    Menyampaikan hasil laporan kunjungan. §    Menanggapi isi laporan kunjungan.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 85-87  | Lisan Tertulis Portofolio  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
3. Membaca Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit.  | §    Siswa dapat.membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit. §    Siswa sanggup mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca . §    Siswa sanggup mengajukan dan menjawab pertanyaan menurut gosip bacaan yang dibaca. §    Siswa sanggup menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca.  | Teks   Bacaan  | §    Membaca bacaan dengan kecepatan 75 kata/menit. §    Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca. §    Mengajukan dan menjawab pertanyaan menurut gosip bacaan yang telah dibacat. §    Menceriterakan kembali isi bacaan yang telah dibaca.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 87-90  |         Lisan.         Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran,perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
4. Menulis Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.   | §    Siswa sanggup memahami penggunaan kata penghubung tetapi. §    Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan kata tetapi. §    Siswa sanggup menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal. §    Siswa sanggup mengurutkan gambar seri dengan benar.  | Teks Gambar Seri  | §    Memahami penggunaan kata penghubung tetapi.  §    Membuat kalimat dengan kata tetapi. §    Menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal. §    Mengurutkan gambar seri dengan tepat.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  |         Kurikulum 2006 KTSP.         Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 90-92.    |         Tertulis  | 
Pelajaran 7
SILABUS
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
1. Mendengarkan Mengidentifikasi unsure dongeng ihwal dongeng rakyat yang dibacakan  | §  Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. §    Siswa sanggup menjawab pertanyaan secara lisan. §    Siswa sanggup mendaftar unsure-unsur dongeng rakyat. §    Siswa sanggup menceriterakan dongeng rakyat dengan kata-kata sendiri.  | Teks Cerita Rakyat  | §    Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. §    Menjaawab pertanyaan secara lisan. §    Mendaftar unsure-unsur dongeng rakyat. §    Menceriterakan kembali dongeng rakyat yang telah dibaca.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  |  Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 100-101         CD/kaset  |         Lisan.         Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat, perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
2.Berbicara Berwawancara secara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.  | §    Siswa sanggup memperagakan percakapan. §    Siswa sanggup hal-hal yang penting yang dibacakan. §    Siswa sanggup menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara. §    Siswa sanggup melaksanakan wawancara dengan nara sumber.  | Teks Wawancara  | §    Memperagakan wawancara. §    Mencatat hal-hal penting yang dibaacakan. §    Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara. §    Melakukan wawancara dengan nara suber.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indnesia hal.101-103  |         Lisan         Tertulis  | 
Pelajaran 8
SILABUS
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
1.Membaca Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit  | §    Siswa dapat.membaca teks bacaan dengan intonasi yang tepat. §    Siswa sanggup menjawab pertanyaan bacaan . §    Siswa sanggup meringkas teks bacaan. §    Siswa sanggup menentukan gagasan utama dalam bacaan.  | Teks   Bacaan  | §    Membaca bacaan dengan lafal dan infrmasi yang tepat. §    Menjawab pertanyaan. §    Meringkas teks bacaan. §    Menentukan gagasan utama bacaan.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia  hal : 103-105   |         Penugasan         Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran, perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
2.Menulis §    Menulis obrolan sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. §    Menggunakan tanda seru ( ! ) dalam kalimat  | §    Siswa sanggup membaca pola dan kesimpulan isi dialog. §    Siswa sanggup memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan. §    Siswa sanggup menulis dialg dengan tema yang telah ditentukan menurut gambar. §    Siswa sanggup memperagakan obrolan tang dibentuk di depan kelas. §    Siswa sanggup memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. §    Siswa sanggup membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. §    Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan mengguanakan tanda sseru ( ! )  | Teks Dialog  | §    Membaca pola dan kesimpulan dialog.  §    Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog. §    Menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan menurut gambar. §    Memperagakan obrolan yang dibuat. §    Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. §    Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.         Membuat kalimat seru.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 105-108    |         Tertulis         Tertulis          Penugasan  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
3.Mendengarkan Menanggapi klarifikasi nara sumber  (petani,pedagang,nelayan,karyawan,dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.  | §    Siswa sanggup mendengarkan klarifikasi nara sumber. §    Siswa sanggup menjawab pertanyaan menurut klarifikasi nara sumber. §    Siswa sanggup mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber. §    Siswa sanggup menanggapi isi klarifikasi dari nara sumber.  | Teks Penjelasan Nara Sumber  | §    Mendengarkan klarifikasi dari nara sumber. §    Menjaawab pertanyaan menurut klarifikasi dari nara sumber. §    Mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber. §    Menanggapi isi klarifikasi dari nara sumber.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal 116-117  |         Lisan.         Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / Pertama
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
4.Berbicara Menanggapi suatu dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan pilihan kata dan santun berbahasa.  | §    Siswa sanggup memperagakan percakapan di depan kelas. §    Siswa sanggup menjelaskan masalah atau kejadian dengan menjawab pertanyaan.  | Teks Percakapan  | §    Memperagakan percakapan di depan kelas. §    Menjelaskan masalah dengan menjawab pertanyaan.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.117-119  |         Lisan         Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
5. Membaca Menemukan gagasan  utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit  | §    Siswa dapat.membaca selkilas teks tata tertib. §    Siswa sanggup menjawab pertanyaan menurut teks tata tertib. §    Siswa sanggup menulis teks tata tertib sekolah. §    Siswa sanggup menentukan gagasan utama dalam bacaan.  | Teks   Tata Tertib Sekolah  | §    Membaca sekilas tata tertibt. §    Menjawab pertanyaan menurut tata tertib. §    Menjelaskan isi tata tertib. §    Menulis tata tertib sekolah.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indnesia  hal : 119-121   | Lisan         Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / Pertama
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat permintaan dan obrolan tertulis. 
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
6. Menulis Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.  | §    Siswa sanggup menentukan judul karangan. §    Siswa sanggup melengkapi bab awal,tengah,akhir cerita. §    Siswa sanggup menulis karangan menurut pengalaman. §    Siswa sanggup membaca karangan yang dibuat. Siswa sanggup memahami penggunaan kata “tanpa”.  | Teks Karangan  | §    Menentukan judul karangan.  §    Melengkapi bab awal,tengah,akhir cerita. §    Menulis karangan menurut pengalaman. §    Membaca karangan yang dibentuk sendiri. §    Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 121-124.    |         Tertulis         Potofolio  | 
Pelajaran 9
SILABUS
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
1.Mendengarkan Mengidentifikasi unsure dongeng ihwal dongeng rakyat yang didengarnya.  | §    Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. §    Siswa sanggup menentukan unsure-unsur cerita. §    Siswa sanggup memberikan amanat/pesan dongeng secara lisan. §    Siswa sanggup menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri. Siswa sanggup menulis balasan mengenai isi dongeng rakyat.  | Teks Cerita Rakyat  | §    Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. §    Menentukan unsure-unsur cerita. §    Menyampaikan amanat/pesan dongeng yang didengar. §    Menceriterakan kembali dongeng yang didengar.  §    Menulis balasan mengenai dongeng rakyat yang didengar.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 132-133  |   Lisan.  Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / Pertama
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan, fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
2.Berbicara Menanggapi dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa  | §    Siswa sanggup memperagakan teks percakapan. §    Siswa sanggup menanyakan dilema yang dibicarakan. §    Siswa sanggup menunjukkan pendapat terhadap suatu persoalan.  | Teks Percakapan  | §    Memperagakan teks percakapan secara berpasangan di depan kelas. §    Menanyakan dilema yang dibicarakan. §    Memberikan pendapat terhadap suatu persoalan.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.133-135  |         Lisan         Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
3.Membaca Membaca puisidengan lafal dan intonasi yang tepat.  | §    Siswa dapat.membaca puisi dengan ekpresi dan penghayatan yang tepat. §    Siswa sanggup menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat. §    Siswa sanggup menciptakan puisi dan membacanya. §    Siswa sanggup menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman.  | Teks   Puisi Anak  | §    Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. §    Menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat. §    Membuat puisi dan membacanya. §    Menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman.  | 1x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia  hal : 135-137   | Lisan Tertulis  | 
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran, perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,  surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar  | Indikator  | Materi Pokok  | Kegiatan Belajar  | Alokasi Waktu  | Alat dan Sumber Bahan  | Penilaian  | 
4.Menulis Menulis surat permintaan (ulang tahun,acara keagamaan, kegiatan sekolah,kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.  | §    Siswa sanggup memahami bagian-bagian surat permintaan resmi. §    Siswa sanggup melengkapi surat permintaan dengan tepat.  | Teks Undangan Resmi  | §    Memahami bagian-bagian surat permintaan resmi.  §    Melengkapi surat permintaan dengan tepat.  | 1 x pertemuan 2 x 35 menit  | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 138-140    |         Tertulis         Portofolio  | 
Berbagai Sumber