Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Minggu, 02 September 2018
Edit
Berikut ini adalah berkas Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Download file format PDF.
Buku Guru PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 |
Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 |
Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018:
Pendahuluan
Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran, antara lain adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Secara khusus, dalam Kurikulum 2013 disusunlah kompetensi inti.
Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (Pasal 1 (1), PP No. 32 Tahun 2013). Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.
Tujuan penyusunan buku ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini, terdapat enam hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: pengembangan materi, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial dan interaksi guru dan orang tua.
Dengan demikian, tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.
Petunjuk Penggunaan Buku
Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah tahapan berikut ini.
Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar dan lingkungan.
Petunjuk penilaian dengan menggunakan Permendikbud No. 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik beserta panduan penilaian Sekolah Dasar (SD) Tahun 2015.
Penilaian di sekolah dasar, meliputi semua kompetensi dasar yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan menggunakan angka 0-100. Penilaian kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (A), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (D). Ketuntasan kompetensi sikap setiap pelajaran minimal B
Ketuntasan belajar kompetensi pengetahuan dan keterampilan ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan kompleksitas, daya dukung dan intake siswa.
Ketuntasan belajar setiap mata pelajaraan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan agar ditulis dalam Dokumen 1 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan diberitahukan kepada peserta didik dan orang tuanya pada setiap awal tahun pelajaran.
Pendahuluan
Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran, antara lain adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Secara khusus, dalam Kurikulum 2013 disusunlah kompetensi inti.
Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (Pasal 1 (1), PP No. 32 Tahun 2013). Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.
Tujuan penyusunan buku ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini, terdapat enam hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: pengembangan materi, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial dan interaksi guru dan orang tua.
Dengan demikian, tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.
Petunjuk Penggunaan Buku
Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah tahapan berikut ini.
- Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
- Setiap bab berisi: kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran (indikator pembelajaran), pengembangan materi, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, serta interaksi guru dan orang tua.
- Pada subbab tertentu, penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal itu disesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.
- Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan rubrik-rubrik yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut. a. Ayo, Bekerja Sama: aktivitas peserta didik dengan menggunakan pendekatan scientific. b. Tugasku: kegiatan khusus peserta didik membaca teks, dilanjutkan dengan presentasi mengemukakan kembali apa yang telah dibacanya. c. Sikapku: menguatkan peserta didik agar dapat mewujudkan pengetahuan dalam perilaku. d. Ayo, Kerjakan: kegiatan yang harus peserta didik kerjakan untuk memahami materi. e. Kegiatanku: kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berkelompok dengan cara berdiskusi untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam. f. Ayo, Berkreasi: bentuk kreativitas dalam upaya mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan ruang lingkup materi. g. Ayo, Bernyanyi: untuk penguatan pembelajaran yang menyenangkan sesuai perkembangan peserta didik. h. Insya Allah Aku Bisa: tantangan agar peserta didik bisa melakukannya. i. Ayo, Berlatih: pengukuran penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas. j. Tugas Kelompok: tugas yang harus dikerjakan peserta didik secara kelompok untuk menindaklanjuti dan penguatan terhadap materi pembelajaran. k. Ayo, Renungkan: refleksi nilai dan sikap sebagai dampak dari proses dan hasil pembelajaran. l. Belajar di Rumah: kegiatan peserta didik bersama orang tua di rumah sebagai tindak lanjut dari pembelajaran di kelas. m. Komentar Orang Tua: bentuk partisipasi orang tua tentang kegiatan anak di sekolah dan di rumah yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar dan lingkungan.
Petunjuk penilaian dengan menggunakan Permendikbud No. 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik beserta panduan penilaian Sekolah Dasar (SD) Tahun 2015.
Penilaian di sekolah dasar, meliputi semua kompetensi dasar yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan menggunakan angka 0-100. Penilaian kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (A), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (D). Ketuntasan kompetensi sikap setiap pelajaran minimal B
Ketuntasan belajar kompetensi pengetahuan dan keterampilan ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan kompleksitas, daya dukung dan intake siswa.
Ketuntasan belajar setiap mata pelajaraan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan agar ditulis dalam Dokumen 1 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan diberitahukan kepada peserta didik dan orang tuanya pada setiap awal tahun pelajaran.
Materi pelajaran pada Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini antara lain:
Pelajaran 1 Nabi Muhammad saw. Panutanku
A. Sikap Percaya Diri Nabi Muhammad saw.
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Pengembangan Materi
- Proses Pembelajaran
- Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Guru dan Orang Tua
B. Sikap Mandiri Nabi Muhammad saw.
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Pengembangan Materi
- Proses Pembelajaran
- Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Guru dan Orang Tua
Pelajaran 2 Senangnya Belajar Surat An-Nasr
A. Membaca Kalimat dalam Surat An-Nasr
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Pengembangan Materi
- Proses Pembelajaran
- Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Guru dan Orang Tua
B. Menghafal Surat An-Nasr
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Pengembangan Materi
- Proses Pembelajaran
- Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Guru dan Orang Tua
C. Menulis Kalimat dalam Surat An-Nasr
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Pengembangan Materi
- Proses Pembelajaran
- Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Guru dan Orang Tua
D. Pesan Surat An-Nasr
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Pengembangan Materi
- Proses Pembelajaran
- Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Guru dan Orang Tua
Pelajaran 3 Yakin Allah itu Maha Esa dan Maha Pemberi
A. Allah itu Maha Esa
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Pengembangan Materi
- Proses Pembelajaran
- Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Guru dan Orang Tua
B. Allah itu Maha Pemberi
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Pengembangan Materi
- Proses Pembelajaran
- Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Guru dan Orang Tua
Download Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini silahkan lihat preview dan unduh pada link di bawah ini:Buku Guru PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Download File:
Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018.pdf
Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Buku Siswa PAI SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bisa bermanfaat.