Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013
Senin, 15 Oktober 2018
Edit
Berikut ini adalah berkas Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013. Download file PDF.
Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 |
Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013:
BAB I: BIlangan Bulat
Di kelas sebelumnya siswa telah belajar banyak tentang operasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat positif. Dalam konteks perkalian dan pembagian dengan objek bilangan bulat positif secara umum mudah untuk dipahami bahwa perkalian mengakibatkan kuantitas bertambah banyak (berkali lipat), sedangkan pembagian mengakibatkan kuantitas berkurang (terbagi). Apakah hal terebut juga berlaku pada operasi perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan? Untuk mendapatkan jawabannya, guru mengajak siswa mempelajari lebih lanjut tentang perkalian dan pembagian dengan objek bilangan pecahan.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan).
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif.
4.1 Menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
BAB II: Operasi Hitung Campuran
Di kelas sebelumnya siswa sudah belajar tentang operasi hitung bilangan cacah. Siswa juga pernah belajar tentang operasi hitung pecahan. Operasi hitung tersebut meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Siswa juga sudah mengenal sifat komutatif dan sifat asosiatif penjumlahan atau perkalian. Bagaimana jika dalam sebuah soal terdapat lebih dari satu operasi hitung? Misalnya penjumlahan dan perkalian, penjumlahan dan pembagian, pengurangan dan perkalian, atau bahkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sekaligus.
Untuk menyelesaikan operasi hitung campuran tersebut tentu ada aturan, misalnya operasi mana yang harus dikerjakan lebih dahulu. Hal itu akan dipelajari dalam bab ini.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
BAB III: Lingkaran
Lingkaran adalah salah satu bentuk bangun datar yang banyak dijumpai di sekitar kita. Pada bab ini siswa akan mempelajari unsur-unsur lingkaran, seperti jari-jari, diameter, titik pusat, busur, juring, tembereng, dan tali busur. Siswa juga akan mempelajari tentang keliling dan luas lingkaran. Pengetahuan tentang lingkaran dapat banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk menentukan jarak rumah ke sekolah dengan menghitung banyaknya putaran roda sepeda.
Kompetensi Inti
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring.
3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran.
4.4 Mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring.
4.5 Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
BAB IV: Geometri Ruang
Kompetensi Inti
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
BAB I: BIlangan Bulat
Di kelas sebelumnya siswa telah belajar banyak tentang operasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat positif. Dalam konteks perkalian dan pembagian dengan objek bilangan bulat positif secara umum mudah untuk dipahami bahwa perkalian mengakibatkan kuantitas bertambah banyak (berkali lipat), sedangkan pembagian mengakibatkan kuantitas berkurang (terbagi). Apakah hal terebut juga berlaku pada operasi perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan? Untuk mendapatkan jawabannya, guru mengajak siswa mempelajari lebih lanjut tentang perkalian dan pembagian dengan objek bilangan pecahan.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan).
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif.
4.1 Menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
- Menjelaskan bilangan bulat negatif pada garis bilangan
- Menjelaskan bilangan bulat negatif dalam konteks sehari-hari
- Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat negatif
- Menjelaskan dan melakukan operasi pengurangan yang melibatkan bilangan bulat negatif
- Menjelaskan dan melakukan operasi perkalian yang melibatkan bilangan bulat negatif
- Menjelaskan dan melakukan operasi pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari
Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
- Bilangan bulat terdiri dari ..., ..., dan ....
- Bilangan bulat positif terletak di sebelah ... bilangan nol. Bilangan bulat negatif terletak di sebelah ... bilangan nol.
- Jelaskan cara mengurutkan bilangan bulat.
- Dua bilangan bulat dikatakan berlawanan jika ....
- Jelaskan cara mengurangkan bilangan bulat oleh bilangan bulat negatif.
BAB II: Operasi Hitung Campuran
Di kelas sebelumnya siswa sudah belajar tentang operasi hitung bilangan cacah. Siswa juga pernah belajar tentang operasi hitung pecahan. Operasi hitung tersebut meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Siswa juga sudah mengenal sifat komutatif dan sifat asosiatif penjumlahan atau perkalian. Bagaimana jika dalam sebuah soal terdapat lebih dari satu operasi hitung? Misalnya penjumlahan dan perkalian, penjumlahan dan pembagian, pengurangan dan perkalian, atau bahkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sekaligus.
Untuk menyelesaikan operasi hitung campuran tersebut tentu ada aturan, misalnya operasi mana yang harus dikerjakan lebih dahulu. Hal itu akan dipelajari dalam bab ini.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
- Memahami konsep operasi hitung campuran.
- Melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan, dan desimal.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran dalam kehidupan sehari-hari.
Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
- Operasi hitung campuran melibatkan operasi pengurangan, penjumlahan, perkalian, pembagian dan tanda kurung. Tentukan urutan operasi hitung yang didahulukan jika kamu menjumpainya secara bersama-sama dalam suatu operasi hitung campuran.
- Jika dalam suatu operasi hitung campuran terdapat operasi hitung perkalian dan pembagian, yang manakah yang didahulukan? Jelaskan dengan dua kasus berikut. a. 400 × 100 : 25 b. 400 : 100 × 25.
BAB III: Lingkaran
Lingkaran adalah salah satu bentuk bangun datar yang banyak dijumpai di sekitar kita. Pada bab ini siswa akan mempelajari unsur-unsur lingkaran, seperti jari-jari, diameter, titik pusat, busur, juring, tembereng, dan tali busur. Siswa juga akan mempelajari tentang keliling dan luas lingkaran. Pengetahuan tentang lingkaran dapat banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk menentukan jarak rumah ke sekolah dengan menghitung banyaknya putaran roda sepeda.
Kompetensi Inti
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring.
3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran.
4.4 Mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring.
4.5 Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan istilah-istilah yang terkait lingkaran, antara lain: titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
- Memahami sifat-sifat lingkaran
- Memahami hubungan antara jari-jari dengan diameter
- Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran
- Menemukan taksiran nilai pi sebagai perbandingan keliling dan diameter
Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
- Apa saja yang termasuk unsur-unsur lingkaran?
- Apa yang dimaksud dengan titik pusat lingkaran?
- Apa yang dimaksud dengan jari-jari lingkaran?
- Apa yang dimaksud dengan diameter lingkaran?
- Apa yang dimaksud dengan busur lingkaran?
- Apa yang dimaksud dengan tali busur lingkaran?
- Apa yang dimaksud dengan tembereng lingkaran?
- Apa yang dimaksud dengan juring lingkaran?
- Nilai pi yang sering digunakan adalah ... dan ....
- Apa yang dimaksud dengan keliling lingkaran?
- Rumus keliling lingkaran ... atau ....
- Apa yang dimaksud dengan luas lingkaran?
- Rumus luas lingkaran ....
BAB IV: Geometri Ruang
Kompetensi Inti
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.4 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
4.7 Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
BAB V: Statistika
Kompetensi Inti
3.4 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
4.7 Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
- Menjelaskan sifat-sifat prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
- Menentukan volume prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
- Membandingkan volume prisma dan tabung, prisma dan limas, limas dan kerucut, tabung dan kerucut.
- Menentukan luas permukaan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
- Menaksir volume dan luas permukaan gabungan beberapa bangun ruang.
- Menyelesaikan masalah berkaitan dengan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
- Jelaskan sifat-sifat bangun ruang (prisma, tabung, limas, kerucut, bola).
- Tuliskan rumus volume bangun ruang (prisma, tabung, limas, kerucut, bola).
- Tuliskan rumus luas permukaan bangun ruang (prisma, tabung, limas, kerucut, bola).
- Bagaimana menentukan volume dan luas permukaan gabungan bangun ruang?
BAB V: Statistika
Kompetensi Inti
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah, sebagai berikut.
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengumpulan data
- Menentukan mean dari data tunggal
- Menentukan median dari data tunggal
- Menentukan modus dari data tunggal
- Menginterpretasikan hasil mean, median, dan modus dari data tunggal
- Menyelesaikan masalah berkaitan dengan mean, median, dan modus dari data tunggal
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk membuat rangkuman dengan memberikan pertanyaan pengarah, sebagai berikut.
- Apa perbedaan data dan datum?
- Apa tujuan pengumpulan data?
- Apa pengertian dari tabel?
- Apa pengertian dari diagram gambar?
- Apa pengertian dari diagram batang?
- Apa pengertian dari diagram garis?
- Bagaimana menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data, apakah dengan mean, median, atau modus?
Download Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013
Download File:
Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6 SD MI Revisi 2018.pdf
Untuk Buku Guru Matematika Kelas 4 dan Kelas 5 silahkan download:
Buku Guru Matematika Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013
Buku Guru Matematika Edisi Revisi 2018 Kelas 5 SD MI Kurikulum 2013
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 . Semoga bisa bermanfaat.