Pentingnya Kedekatan Ayah Dengan Anak Perempuannya

Tak hanya ibu, seorang ayah juga mempunyai efek tak kalah besar terhadap perkembangan anak, terutama putrinya. Ayah berperan penting dalam membentuk cara berpikir anak perempuannya terhadap lingkungan, teman maupun kaum laki-laki yang kemudian hari dapat diterapkannya dikala dewasa.

Michael Austin, seorang profesor filsafat ibarat dilansir She Knows menegaskan bahwa sikap ayah dapat dijadikan pola bagi kehidupan anak perempuannya walaupun cara pandang mereka berbeda. Oleh alasannya yaitu itu, penting bagi para ibu untuk lebih banyak melibatkan suami dalam pengasuhan anak. Apa saja yang dapat dilakukan seorang ayah dan seberapa penting pengaruhnya terhadap perkembangan putrinya?

1. Tahap Bayi Sampai Balita

Kebanyakan rutinitas merawat bayi ibarat mengganti popok, mandi, menemani tidur, dan menenangkan tangisan dilakukan oleh ibu. Begitu pula dikala sudah beranjak balita, ayah yang sibuk tidak punya banyak waktu untuk bermain dengan buah hatinya. Menurut Austin, sangatlah penting seorang ayah membantu merawat bayinya dan menghabiskan waktu untuk bermain dengan putrinya yang berusia balita.

2. Tahap Pra-Remaja Sampai Remaja

Pada masa pra-remaja kebanyakan anak perempuan menjadi moody dan tidak mau bercerita kepada orang bau tanah terutama ayah. Untuk itu, ayah harus membangun keyakinan putrinya biar mau bercerita dengannya dengan cara saling menghormati dikala bercerita. Begitu pula dikala beranjak remaja, ayah harus tetap menjaga keyakinan putrinya dan membantu mencarikan solusi untuk dilema yang dihadapi putrinya.

3. Pengaruh Ayah Terhadap Harga Diri

Ayah mempunyai efek besar terhadap pembentukan harga diri putrinya. Ayah yang mendidik putrinya dengan cara selalu menyemangatinya, peka terhadap perasaannya, mau mendengarkan ceritanya, dan ikut terlibat dalam hobinya akan membentuk keyakinan diri sang buah hati.

4. Pengaruh Ayah Terhadap Hubungan Asmara

Gadis yang mempunyai sudut pandang faktual wacana ayahnya kebanyakan ingin mencari laki-laki yang ibarat ayahnya untuk dijadikan teman hidup. Untuk itu, sangat penting bagi seorang ayah untuk mengasihi putrinya dan menghormati ibunya biar buah hati merasa bahwa sang ayah menghormati perempuan dan kelak mencari laki-laki yang menghormati dirinya.
 
sumber: wihans id

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel